Rasanya pusing kalau komputer dengan os windows xp kita terasa melambat dan mempengaruhi kinerja kita yang serba ingin cepat dalam bekerja apalagi sering kita jumpai pada waktu mengakses file atau tampilan di windows terasa loadingnya sangat tidak kita inginkan huuuhu payah...:D
        Saya mencoba memberi sedikit tutorial bagaimana cara untuk mempercepat lajunya windows agar tidak mengecewakan....

TUTORIAL MEMPERCEPAT WINDOWS XP ANDA

  1. Gunakan Extensible Counter Performance untuk mematikan performance counter.
  2. SpeedSwitchXP untuk memaksimalkan kinerja windows xp pada power.
  3. Gunakan E-boostr untuk penambahan kecepatan memory.
  4. Setting Virtual memory dengan mengkalikan 1.5 x jumlah total memory terpasang misal 512 MB x 1.5 masukkan angka 768 pada virtual memory atau memakai system managed.
  5. Gunakkan PageDefrag untuk mendefrag paging files setiap kali booting.
  6. Install TuneUp Utilities 2011 atau yang terbaru untuk mengoptimalkan kinerja komputer (Tools Terlengkap untuk mengoptimalkan kinerja windows)
  7. Install CC Cleaner 3.08 atau yang terbaru untuk memperbaiki kerusakan registry lakukan setiap hari untuk mengantisipasi error pada registry.
  8. Install Piriform Defrager
  9. Install DriverMax untuk mem-Backup Driver.
  10. Lakukan Defrag Hardisk Minimal 2 Minggu Sekali.
  11. Lakukan Cek Disk Minimal 1 Bulan Sekali.
  12. Lakukan Disk CleanUp Minimal 1 Bulan Sekali
  13. Gunakan Windows SteadyState hanya untuk yang menginginkan Perform Last State yaitu Membekukan Settingan Windows Pada Waktu akhir kali diinstall dan system akan mengembalikan dalam keadaan semula pada waktu restart (apapun yang diinstall setelah menggunakan SteadyStated pada waktu restart akan hilang dan kembali ke asalnya).
  14. Tambahkan Memory Minimal 1 GB Maksimum Tidak Terbatas (tergantung kemampuan kapasitas Mainboard) Ingat semakin besar memory semakin baik.
  15. Tambahkan pada akhir shortcut program yang dibutuhkan dengan mengetikkan /prefetch:1
  16. Matikan Remote dan System Restore.
  17. Matikan Indexing Service dengan cara Add/Remove Program.
  18. Klik kanan pada drive (C, D, E, F atau tergantung banyaknya partisi hardisk) dan properties lalu uncheck Allow Indexing Service to index this disk.
  19. Klik Tools – Folder options lalu pilih View dan uncheck  Automatically Search for Network.
  20. Matikan beberapa fitur visual effect yang tidak diperlukan.
  21. Tambahkan pada registry untuk menghidupkan feature L2 Cache Processor, pada dasarnya Windows XP secara default tidak menggunakan fitur L2 Cache, untuk menggunakan fitur tersebut buka Start, Run and type regedit) dan cari di regkey berikut :
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management] tambahkan jika tidak ada dengan cara add dword lalu ketikkan SecondLevelDataCache lalu klik dan isikan sejumlah L2 Cache yang tertera di processor (misal Dual Core dengan 1 MB lalu isikan dengan 1024)
  22. Install SATA AHCI untuk hardisk yang telah support SATA, caranya install Chiputil.exe dari Intel (jika chipset anda Intel) lalu download file Intel® Matrix Storage Manager dan Install Intel® Rapid Storage Technology latest driver. Lalu update IDE ATA/ATAPI Controllers menjadi AHCI harus driver yang sesuai dengan chipset (hati-hati jika salah install windows xp anda akan rusak dan otomatis harus install ulang)

Diana
24/7/2011 12:16:01 am

wah bro dah punya blog yah...keren nih isinya juga oke punya. keep up to date yah. thanks

Reply



Leave a Reply.

    Author

    Hello and welcome, my name is Indra, I am a freelance computer technician and I am flying businesses Payment Point Online Bank at home as the official payment of Accounts Officer and as an owner as well.

    Arsip

    April 2013
    February 2013
    July 2011

    Kategori

    All
    Baterai Laptop
    Bisnis Loket PPOB
    Tips & Trik
    Token Listrik

    BUKU TAMU